• Kontak Kami
  • Hotline : SMS/WA Only
  • SMS : 082219250566
  • BBM : D9A430FB

Kontak Kami

Selamat berbelanja, Shopper!

Buka jam 08.00 s/d jam 17.00, Minggu & Hari Besar Tutup
Info & Pemesanan, Hubungi Whatsapp (WA) : 0822 1925 0566
Beranda » Artikel Terbaru » 19 Cara Mengatasi Kista Ovarium Secara Alami Tanpa Efek Samping

19 Cara Mengatasi Kista Ovarium Secara Alami Tanpa Efek Samping

Diposting pada 12 June 2017 oleh admin

Cara mengatasi kista ovarium secara alami adalah salah satu cara yang bisa Anda pilih untuk mengobati kista ovarium tanpa operasi.

Cara ini lebih aman, tanpa efek samping karena cukup dengan menggunakan bahan alami atau dari ramuan tradisional yang secara alamiah di ambil dari alam sekitar.

Jadi, cara atau tips yang akan di bahas disini hanya menggunakan bahan alami seperti buah atau sayur atau bahan dari alam lainnya baik nabati maupun hewani (dari hewan).

Cara-cara mengobati kista ovarium yang disebutkan disini tentu tidak termasuk cara medis yaitu menggunakan tenaga dokter atau bahan-bahan kimia. 100 % murni dari alam yang secara turun temurun sudah digunakan sejak dulu.

Namun, sebelum mengulas lebih jauh mengenai tips menyembuhkan kista ovarium secara tradisional ini, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang penyakit kista ovarium beserta penyebab dan gejala yang ditimbulkannya.

Tujuannya agar lebih mengenal penyakit yang khusus menyerang wanita ini lebih detail sehingga dalam pengobatannya nanti pun hasilnya akan lebih optimal.

Sekilas Tentang Kista Ovarium

Sebelum kita membahas tentang cara mengobati kista ovarium secara alamiah, kita akan membahas dulu apa itu kista ovarium?

Kista ovarium adalah penyakit yang terjadi pada organ ovarium wanita. Jenis penyakit ini bisa menyerang wanita manapun. Tidak mengenal batas usia maupun status.

Untuk itu, hendaknya Anda harus waspada selalu dengan penyakit ini. Lakukan pencegahan-pencegahan agar kista tidak timbul.

Gejala Kista Ovarium

Gejala kista tidak selalu terlihat dengan jelas. Kadang gejalanya hanya akan muncul ketika kista tersebut sudah besar dan pecah baru akan menimbulkan gejala. Inilah mengapa kista ovarium disebut-sebut sebagai penyakit silent killer atau penyakit yang membunuh diam-diam.

Adapun jika kista sudah besar, umumnya menimbulkan gejala sebagai berikut.

  • Rasa nyeri pada bagian perut bawah
  • Rasa nyeri pada saat berhubungan badan dengan pasangan
  • Terasa sakit pada punggung dan bisa saja menjalar sampai ke kaki.
  • Siklus mentruasi yang tidak teratur
  • Perut terasa nyeri dan mual
  • Sukar buang air besar dan sering buang air kecil
  • Perut mulai membesar
  • Perut terasa penuh sehingga cepat teraasa kenyang.
  • Mudah capek, lelah dan lesu

Baca selengkapnya menganai gejala-gejalanya pada halaman berjudul gejala kista ovarium ini.

Penyebab Kista Ovarium

Apa penyebab kista ovarium? Sebenarnya penyebab kista itu tergantung pada jenis kista itu sendiri. Ada 2 jenis kista ovarium yang terjaid pada wanita. Yaitu kista fungsional dan kista patologis. Namun, secara umum penyebabnya adalah sebagai berkut.

  • Gangguan pembentukan hormon
  • Memiliki riwayat keluarga yang menderita kista ovarium sebelumnya.
  • Riwayat kanker payudara yang menjalani kemoterapi
  • Terlalu mudanya masa mensturasi pertama (haid pertama).
  • Orang yang pernah di riwayatkan mandul dan menjalani terapi dengan obat mandul (obat gonadotropin)
  • Mengalami gangguan siklus haid (haid yanbg tidak teratur)
  • Terakhir tentu saja karena gaya hidup yang tidak sehat

Baca selengkapnya mengenai penyebab-penyebabnya di halaman berjudul penyebab kista ovarium ini.

Pengobatan Medis

Pengobatan kista ovarium terbagi menjadi 2 yaitu pengobatan medis dan pengobatan alami. Meskipun yang dibahas di sini hanyalah cara-cara alami saja namun kita akan bahas sedikit tentang pengobatan kista ovarium secara medis.

Biasanya pengobatan kista ovarium secara medis ada 2 macam yaitu observasi (pengamatan) dan operasi. Pada pengobatan observasi biasanya untuk kista yang masih kecil dan tidak memerlukan operasi.

Sedangkan untuk kista yang masih besar memerlukan operasi atau pembedahan dengan pengangkatan kista itu sendiri.

Tentu saja operasi merupakan langkah terakhir yang bisa di lakukan untuk mengatasi kista ovarium. Namun, bukan berarti tidak ada cara lainnya. Masih banyak cara lainnya yang direkomendasikan.

Dan cara inilah yang akan kita bahas berikut ini. Yaitu dengan menggunakna bahan alami untuk menyembuhkan kista.

Baca selengkapnya mengenai pembahasan penyakit wanita ini: Penyakit Kista Ovarium


Cara Mengatasi Kista Ovarium Secara Alami

cara mengatasi kista ovarium secara alami

Anda bisa menggunakan cara alami untuk mengatasi kista ovarium yang sedang Anda derita. Salah satu kelebihan cara alami adalah pengobatannya nyaris tanpa efek samping. Jadi, cukup aman dengan biaya yang sangat murah sekali.

Berikut ini adalah cara mengatasi kista ovarium secara alami dengan menggunakna bahan-bahan alami yang bisa di ambil dari alam sekitar.

1. Ramuan Tradisional dari Kunyit Putih

Cara Mengatasi Kista Ovarium Secara Alami Tanpa Efek SampingKunyit putih atau temu mangga secara tradisional memiliki berbagai khasiat seperti mengatasi gangguan perut, mengatasi kanker, mengecilkan rahim setelah melahirkan dan mengatasi kista ovarium.

Kunyit putih mampu menyembuhkan kista ovarium secara tradisional.  Khasiat utamanya sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang lebih kuat dibanding dengan hidrokortison.

Adapun cara mengatasi kista ovarium dengan menggunakan kunyit putih adalah sebagai berikut,

Bahan yang perlu disiapkan

  • Kunyit putih kering 10 gram
  • Tapak liman kering 10 gram
  • Pegagan kering 10 gram
  • 30 gram cakar ayam segar
  • Air secukupnya

Cara Pembuatan

Campurkan kunyit kering dengan temu putih, tapak liman kering dan pegagan kering dan tambahkan 30 gram cakar ayam segar direbus dengan 1 liter air, sisakan setengahnya kemudian angkat setelah dingin lalu saring.

Minumlah ramuan alami ini 3 kali sehari secara rutin agar hasilnya bisa maksimal dan kista bisa sembuh lebih cepat.


2. Ramuan Alami Dari Mahkota Dewa

Mahkota dewa adalah tanaman obat yang sudah sering di gunakan sejak zaman dulu. Tanaman ini mengandung zat alkaloid, flavonoid, polifenol dan anti oksidan.

Mahkota dewa memiliki banyak sekali manfaat. Adapun manfaatnya adalah untuk detoksifiksi, anti bakteri, anti virus, sistem imun, meningkatakn vitalitas dan masih banyak lagi.

Bahan yang perlu disiapkan

  • Mahkota Dewa kering 50 gram
  • Kunyit putih 5 gram
  • Air 800 cc

Cara Pembuatan

Campurkan 50 gram mahkota dewa kering dengan 5 gram kunyit putih dan rebus dengan 800 cc. Biarkan ramuan ini mendidih hingga airnya tersisa setengahnya saja.

Ramuan tradisional ini bisa di minum secara teratur setiap 2 kali sehari secara teratur agar penyakit kista ovarium bisa terobati dengan cepat.


3. Obat Dari Teripang

Secara mengobati kista ovarium secara alamilain 2 obat herbal diatas, Anda juga bisa menggunakan teripang untuk mengobati penyakit kista ovarium. Teripang sudah banyak di gunakna untuk pengobatan berbagai macam penyakit yang serius.

Dewasa ini teripang sudah bisa digunakan untuk mengatasi kista secara alami tanpa efek samping. Teripang atau disebut juga dengan gamat hidup didasar laut merupakan bahan alami hewani yang bisa dimakan atau dijadikan obat.

Ada banyak sekali jenis teripang yang bisa di gunakan untuk obat herbal. Setidaknya ada 40 jenis teripang yang bisa di manfaatkan. Jenis yang paling sering digunakan adalah spesies Stichopus hermanii.

Obat herbal dari gamat sudah banyak di gunakan untuk mengobati kista ovarium. Sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk mengobati berbagai penyakit termasuk kista.

Untuk bahan alami yag satu ini, kista tidak perlu lagi membuat ramuan alaminya karena sudah banyak sedian jadi yang di jual dipasaran dalam bentuk kapsul gamat.


4. Ramuan Alami Dari Benalu Teh

Cara mengatasi kista ovarium secara alami lainnya adalah dengan meminum ramuan dari benalu teh. Tanaman ini merupakan benalu yang tumbuh pada pohon teh.

Kandungan dari benalu teh adalah flavonoid, flavanones dan flavan3-ols berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penggumpalan darah, anti alergi dan anti kanker.

Selain manfaat-manfaat diatas, benalu teh juga mampu mengobati kista ovarium secara alamiah. Bagaimana cara membuatnya? Gampang, Anda tinggal membuat ramuan tradisional ini dengan cara meraciknya.

Adapun cara mengobati kista ovarium secara alamiah dengan menggunakan benalu teh adalah sebagai berikut.

Bahan yang perlu disiapkan

  • 60 gram benalu teh
  • rumpuh mutiara
  • 800 cc air

Cara pembuatan

Siapkan 60 gram benalu teh kemudian dicampur dengan rumput mutiara dan direbus dengan 800cc air kemudian saring masing-masing 200 cc. Minumlah secara teratur 2 kali sehari hingga sembuh.

Ramuan tradisional dari benalu teh siap Anda minum secara rutin 2 kali sehari untuk menyembuhkan kista ovarium.


5. Teh Chamomile

Cara mengobati kista ovarium lainnya adalah dengan meminum teh chamomile. Mungkin Anda tidak terlalu mengenalnya di Indonesia. Namun, Anda bisa mencoba teh yang satu ini untuk mengobati kista.

Kandungan dari teh chamomile memiliki efek yang menenangkan dan mengurangi rasa sakit akibat kista. Selain untuk mengatasi kista ovarium, teh ini juga bisa digunakan untuk mengatasi haid tidak teratur karena teh ini akan bekerja khusus memperbaiki organ wanita.

Adapun cara membuat ramuan kista ovarium adalah sebagai berikut.

  • Larutkan teh chamomile ke dalam air panas sebanyak satu gelas.
  • Tambahkan madu asli dan tutup selama 5 menit agar teh larut.
  • Setelah itu, aduk teh chamomile kemudian saring hingga menyisakan teh yang bersih.
  • Minum selagi hangat setiap hari untuk menghilangkan kista ovarium yang masih kecil.

Teh Chamomile bisa Anda gunakan untuk mengobati kista jika kista masih kecil. Anda bisa meminumnya secara rutin agar kistanya cepat hilang.


6. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel juga bisa digunakan untuk mengobati kista. Terutama untuk mengobati kista ovarium yang masih kecil. Kenapa cuka sari apel bisa di gunakan untuk mengobati kista? Hal ini dikarenakan, cuka sati apel ini mengandung kalium yang sangat baik untuk mengecilkan ukuran kista dan menghancurkannya secara alami.

Jika Anda ingin mengobati kista dengan cuka sari apel yang alamiah ini Anda bisa meminumnya secara rutin. Adapun cara menyembuhkan kista ovarium dengan cuka sari apel adalah sebagai berikut.

  • Siapkan air hangat dalam gelas
  • Tambahkan cuka apel pada gelas yang sudah berisi air hangat tadi
  • Aduklah sampai kedua bahan tadi rata dan cuka apelnya larut pada air hangat.
  • Minum ramuan ini 2 kali sehari hingga sembuh

Demikianlah cara membuat ramuan cuka sari apel ini. Anda harus meminum ramuan ini diluar masa haid karena tidak diperbolehkan saat haid karena bisa menyebabkan pendarahan berat, kram perut parah dan rasa sakit akibat menstruasi yang berlebihan.


7. Flaxseed

Bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengobati kista ovarium adalah flaxseed. Mungkin Anda belum pernah mendengar jenis tanaman ini. Hal ini wajar karena flaxseed tidak begitu familiar di Indoneisa.

Flaxseed adalah jenis biji-bijian seperti bij wijen yang membantu hormon estraogen dan progresteron dalam tubuh memiliki kadar yang seimbang. Jika kadarnya seimbang maka kista akan mengecil dan bisa hilang dengan sendirinya.

Adapun cara mengobati kista ovarium secara alamiah adalah sebagai berikut.

Larutkan flaxseed dalam air hangat. Kemudian minum sebelum makan pagi. Jika Anda kurang suka dengan tekstur dan rasa flaxseed maka konsumsi flaxseed dengan salad atau sup buah. Biasanya ramuan alami ini digunakan untuk mengatasi kista yang masih kecil.

Memang flaxseed adalah bahan yang sangat langka didapat. Jika Anda kesulitan menemukannya, Anda bisa menggantinya dengan yang lain, masih banyak bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan untuk kista.


8. Ramuan Tradisional Dari Jahe

Ramuan jahe juga bisa di gunakan untuk mengatasi kista secara alami. Jahe termasuk tanaman yang sangat familiar dan bisa dipastikan tersedia didapur rumah Anda. Jadi, jahe bisa Anda gunakan untuk mengobati kista dan jadi pilihan utama dibandingkan dengan yang lain.

Jahe mengandung beberapa senyawa yang bisa digunakan untuk mengatasi kista. Kandungannya adalah senyawa anti inflamasi seperti gingerol yang berefek mengurangi rasa sakit akibat kista. Selain itu, mampu mencegah peradangan dan mengecilkan kista itu sendiri.

Adapun cara mengobati kista ovarium dengan jahe adalah sebagai berikut.

  • Siapkan beberapa ruas jahe, kupas dan bersihkan
  • Rebus dengan air dan campur dengan seledri atau apel sampai mendidih
  • Setelah itu, minum ramuan ini setiap pagi sebelum makan untuk mengatasi kista.

9. Makan Kacang Almond

Apakah Anda suka kacang almond? Kebetulan kacang almond bisa di gunakan untuk mengatasi kista. Kita pasti tahu kalau kacang almond merupakan makanan yang sangat sehat.  Kacang ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah untuk mengobati kista ovairum pada wanita. Kacang ini mengandung magnesium yang tinggi sehingga bisa mengatasi rasa sakit saat menstruasi, mengecilkan ukuran kista dan menghilangkan kista secara alami.

Cara menyembuhkan kista ovarium secara alami dengan kacang almond bisa dengan memakan beberapa butir almond setiap hari. Anda bisa mengkombinasinya dengan menggunakan obat herbal kista ovarium lainnya. Jadi, kacang almond disini hanya sebagai makanan sehat bukan sebagai obat.


10. Rumput Mutiara

Selain kacang almond dan beberapa bahan yang sudah dijelaskan diatas, Anda juga bisa menggunakan rumput mutiara. Pernah mendengar tanaman ini? Tanaman ini merupakan tanaman perdu liar yang memiliki banyak manfaat. Adapun manfaatnya adalah untuk radang panggul dan untuk mengatasi kista ovarium.

Cara mengatasi kista ovarium dengan rumput mutiara adalah dengan mencampurkan 30 gram rumput mutiara dengan 5 gram daging buah mahkota dewa kering kemudian rebus dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya saja. Kemudian diminum 2 kali sehari secara rutin.


11. Ramuan Jus Buah Bit

Buat bit adalah buah yang berwarna merah dan menyegarkan. Meskipun dari segi rasa kurang begitu disukai oleh sebagian orang, namun khasiatnya untuk penyakit kista patut dicoba.

Buat bit yang bersifat asam ini mengandung betasianin yang bisa menyembuhkan kista ovarium dan membersihkan racun di hati. Selain itu, ada banyak manfaat lainnya yang akan Anda dapatkan jika mengkonsumsi buah ini secara rutin.

Buah bit memiliki sifat yang asam. Karena sifat asam inilah yang mampu mengecilkan ukuran kista. Adapun cara mengobati kista ovarium secara alami dengan buah bit adalah sebagai berikut.

  • Pertama-tama siapkan dulu buah bit yang segar, buah stroberi, jambu merah dan wortel.
  • Hancurkan semua buah tadi dengan blender.
  • Jika sudah hancur atau sudah berbentuk jus maka Anda bisa meminumnya setiap pagi saat perut kosong yaitu 1-2 jam sebelum makan pagi.

Itulah cara mengatasi kista ovarium dengan buah bit dan buah-buahan lainnya. Ingat, Anda tidak perlu tambahkan gula karena sudah ada tambahan jambu merah yang rasanya manis.


12. Cara Mengatasi Kista Ovarium dengan Gambir Dan Manjakani

Gambir dan manjakani juga bisa di gunakan untuk mengatasi kista ovarium. Kedua bahan alami ini sudah tidak diragukan lagi penggunaannya pada masalah organ wantia.

Hal ini dikarenakan sudah sejak zaman dahulu gambir dan kista digunakan untuk mengatasi hal-hal yang berkaitan dengan masalah atau penyakit seperti kista, mioma, haid tidak lancar dan gatal-gatal pada organ intim.

Kombinasi manjakani dan gambir bisa di gunakan untuk menyembuhkan kista ovarium secara alami dan cepat tanpa operasi.

Kedua obat herbal ini biasanya ada dalam bentuk sediaan jadi seperti kapsul atau pil yang bisa di beli di toko herbal atau apotek. Contohnya adalah Mustika Dara HPAI. Jadi, tidak perlu lagi meracik bahan alami ini menjadi ramuan trandisional.


13. Daun Sirsak dan Kulit Manggis

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan daun sirsak maupun kulit manggis. Kedua bahan alami ini sudah sering dijadikan sebagai obat herbal. Khasiatnya terutama untuk mengatasi berbagai jenis tumor atau kanker.

Daun sirsak maupun kulit manggis sama sama memiliki khasiat untuk mengobati kista ovarium. Kulit manggis memiliki kandungan zat anti kanker yang mampu menekan pertumbuhan tumor atau kanker. Selain itu, kulit manggis mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Sama halnya dengan daun sirsak. Bahan alami ini memiliki kandungan zat anti kanker yang tinggi sehingga mampu membunuh sel kanker dan mencegah perkembangan sel kanker menjadi besar.

Untuk mengobati kista ovarium, Anda cukup mencari obat herbal dalam sediaan yang sudah jadi yang dijual di apotek atau toko herbal online. Sudah banyak obat herbal berbahan dari salah satu dari 2 bahan alami ini.


14. Kompres dengan Minyak Jarak

Pengobatan penyakit kista ovarium lainnya bisa dengan menggunakan minyak jarak. Mungkin Anda jarang mendengar tentang minyak jarak? Minyak jarak adalah minyak nabati yang diperoleh dari ekstraksi biji tanaman jarak. Kalau dalam bidang farmasi disebut juga dengan minyak kastroli.

Khasiat minyak jarak adalah membersihkan jaringan yang tidak diperlukan pada organ wanita. Salah satunya adalah menghilangkan kista ovarium.

Adapun cara menyembuhkan kista ovarium dengan minyak jarak adalah sebagai berikut.

  • Teteskan beberapa tetes minyak pada handuk kecil
  • Letakkan handuk pada bagian perut
  • Kemudian lapisi dengan handuk yang lebih tebal.
  • Letakkan botol kompres diatas handuk
  • Tutup botol kompres dengan kain yang tebal
  • Kompres selama 20-30 menit
  • Setelah sekitar 30 menit bersihkan bagian perut dan keringkan dengan handuk yang kering

Itulah cara memanfaatkan minyak jarak untuk mengobati kista ovarium. Perlu diperhatikan bahwa minyak jarak ini tidak boleh di gunakan pada saat haid karena bisa menyebabkan efek berat pada ovulasi dan gangguan menstruasi yang berat.


15. Mandi dengan garam Epsom

Selain beberapa bahan alami untuk kista diatas, Anda juga bisa menggunakan garam Epsom atau disebut juga dengan garam inggris. Garam Epsom (Epsom salt) atau magnesium sulfat sangat baik di gunakan untuk penderita kista ovarium.

Magnesium membantu pengaturan enzim yang bertanggung jawab memperlancar berbagai fungsi tubuh serta untuk menghilangkan zat beracun dari tubuh. Mandi dengan garam epsom juga dapat membantu mengecilkan dan menghilangkan kista ovarium pada wanita.

Bagaimana cara penggunaan garam epsom untuk kista ovarium? Berikut caranya.

  • Taruh 1 gelas garam epsom kedalam bak mandi dan isi dengan air hangat.
  • Aduk sampai garam epsom larut dan bercampur dengan air.
  • Kemudian rendamlah tubuh Anda selama 30 menit kedalam bak berisi garam epsom.
  • Lakukan secara rutin setiap 2 hari sekali

Perlu diperhatikan bahwa garam epsom tidak boleh digunakan untuk orang yang lagi haid karena dapat menyebabkan pendarahan yang banyak.


16. Membatasi Kadar Estrogen dalam Tubuh

Jika Anda menderita kista ovarium Anda harus membatasi kadar estrogen dalam tubuh. Kenapa? Karena saat kadar estrogen tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan proses ovulasi yang tidak teratur yang bisa menyebabkan kista bertambah besar.

Anda juga harus selalu menyeimbangkan kadar estrogen karena jika tidak seimbang dapat membuat haid tidak teratur. Adapun tips mengurangi dan menyeimbangkan kadar estrogen saat Anda terkena kista ovarium adalah sebagai berikut.

  • Kurangi mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang terbuat dari kedelai.
  • Kurangi minum air mineral dari botol plastik
  • Hindari memakai kosmetik yang terbuat dari bahan kimia.
  • Hindari mengkonsumsi jenis susu yang terbuat dari bahan non organik. Cobalah minum susu yang sehat, misalnya jenis susu kambing.

17. Tingkatkan Kadar Progesteron dalam tubuh

Jika Anda harus mengurangi kadar estrogen namun tidak untuk hormon progesteron. Anda harus meningkatkan kadar progesteron dan menurunkan kadar estrogen atau menyeimbangkan keduanya.

Pada dasarnya memang sulit untuk meningkatkan level progesteron, namun sebenarnya ada berbagai cara alami yang bisa dilakukan, seperti:

  • Menjalankan pola hidup sehat dengan cara mengkonsumsi makan sehat dan menghindari makan yang mengandung lemak berlebih.
  • Menghindari stres berlebih
  • Lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium seperti bayam, beras merah, yang mengandung vitamin c tinggi seperti paprika kuning, jeruk, pepaya, kiwi dan lain-lain.

18. Menjaga Berat Badan

Menghindari berat badan berlebih dan menjaganya agar tetap ideal merupakan salah satu cara mengatasi kista ovarium secara alami. Hal ini dikarenakan berat badan berlebih akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron yang bisa meningkatkan ukuran kista.

Adapun cara yang bisa Anda lakukan agar memiliki berat tubuh tetap ideal adalah dengan cara berolahraga dengan teratur dan menjaga pola makan dengan baik serta menghindari makanan yang berlemak atau yang mengandung kolesterol yang tinggi.


19. Meningkatkan Pola Hidup Sehat

Setiap kebiasaan yang sehat akan membuat kita sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Untuk menyembuhkan kista, Anda harus menjalankan gaya hidup yang lebih sehat.

Anda perlu memberi asupan makanan dan minuman yang sehat dan menghindari makanan dan minuman yang kurang sehat. Adapun beberapa yang perlu dihindari adalah sebagai berikut.

  • Kurangi kebiasaan minum kopi, soda, teh hitam karena banyak mengandung kafein.
  • Hindari alkohol karena bisa meningkatkan kadar estrogen.
  • Kurangi makanan-minuman yang mengandung pemanis
  • Biasakan berolahraga secara teratur.
  • Hindari stres karena stres dapat memperburuk penyakit.

Kesimpulan

Akhirnya anda sudah membaca keseluruhan artikel tentang cara alami mengobati kista ovarium. Ada cara alami yang bisa Anda pilih untuk mengobati kista ovarium pada wanita.

Pilihlah cara yang bahan alaminya mudah anda dapatkan dan mudah dilakukan sehingga Anda bisa mengobati kista lebih cepat. Cara alami lebih direkomendasikan karena tanpa operasi, lebih aman dan tanpa efek samping yang membahayakan.

Jangan menunda dalam pengobatan penyakit kista karena dengan menundanya saja kemungkinan kista bisa bertambah besar sehingga lebih sulit dalam pengobatannya.

Demikialah artikel cara mengatasi kista ovarium yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga Anda mendapatkan banyak manfaat dari artikel ini.

Bagikan informasi tentang 19 Cara Mengatasi Kista Ovarium Secara Alami Tanpa Efek Samping kepada teman atau kerabat Anda.

19 Cara Mengatasi Kista Ovarium Secara Alami Tanpa Efek Samping | Toko Herbal Online Terpercaya Di Jamin 100% Asli

Belum ada komentar untuk 19 Cara Mengatasi Kista Ovarium Secara Alami Tanpa Efek Samping

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 75.000
Ready Stock / EGM
STOK HABIS
Rp 37.000
Habis / FWO
Rp 16.000
Ready Stock / PGH

Disclaimer

Artikel kesehatan, informasi produk, atau berita yang disajikan di toko herbal online ini hanyalah untuk keperluan informasi semata. Tidak dimaksudkan sebagai sebuah ketetapan, kenyataan, kebenaran dan sebuah kepastian yang mutlak atau sebagai pengganti pendapat ahli atau profesional.

SIDEBAR