• Kontak Kami
  • Hotline : SMS/WA Only
  • SMS : 082219250566
  • BBM : D9A430FB

Kontak Kami

Selamat berbelanja, Shopper!

Buka jam 08.00 s/d jam 17.00, Minggu & Hari Besar Tutup
Info & Pemesanan, Hubungi Whatsapp (WA) : 0822 1925 0566
Beranda » Artikel Terbaru » Penyebab Kista Ovarium yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab Kista Ovarium yang Perlu Anda Ketahui

Diposting pada 11 June 2017 oleh admin

Penyebab kista ovarium tergantung dengan jenis kista ovarium itu sendiri. Karena ada banyak jenis kista ovarium yang biasa terjadi pada wanita sehingga penyebabnya akan berbeda pada masing-masing kista itu sendiri.

Pada dasarnya ada 2 jenis kista yang terjadi pada wanita yaitu:

  • Kista Fungsional. Jenis kista ini adalah kista yang paling umum terjadi dan merupakan jenis kista yang paling banyak terjadi pada wanita. Jenis kista ini merupakan jenis yang tidak berbahaya dan merupakan bagian dari siklus menstruasi (haid).
  • Kista Patologis. Jenis kista ini adalah tumor yang terjadi pada ovarium atau indung telur. Ada jenis kista yang jinak dan ada yang bersifat kanker.

Jadi, penyebab kista ovarium tergantung pada jenis kanker itu sendiri. Namun, secara umum bisa disimpulkan beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut.

  • Adanya riwayat kista ovarium sebelumnya atau ada riwayat kista pada keluarga
  • Sudah lama siklus haid atau menstruasi tidak teratur
  • Pada saat pertama haid terjadi lebih awal atau lebih muda dari kebanyakan orang (usia 11 tahun atau lebih muda)
  • Sudah diriwayatkan mandul
  • Pengobatan kemandulan dengan obat gonadotropin
  • Terapi Tamoxifen untuk kemoterapi kanker payudara
  • Memiliki kebiasaan merokok bisa juga meningkatkan risiko kista ovarium fungsional.

Penyebab Kista Ovarium

Penyebab Kista Ovarium Fungsional

Kista fungsional ini disebabkan oleh masalah hormonal atau efek dari obat yang digunakan untuk membantu merangsang ovulasi.
Kista fungsional terdiri dari 2 jenis yaitu kista folikel dan kista luteal. Adapun penyebab masing-masing jenis kista ini adalah sebagai berikut.

Kista Folikel

Jenis kista yang paling sering terjadi dari kista ovarium lainnya adalah kista folikel. Ovarium bertugas melepaskan sel telur setiap bulannya. Telur akan bergerak ke rahim, untuk dibuahi oleh sperma.

Sebelum telurnya sudah matang kemudian dikeluarkan, telur ini akan di bentuk dahulu dalam struktur kecil didalam ovarium yang disebut folikel yang berisi cairan untuk melindungi sel telur dan mendukung pertumbuhan sel telur sampai matang setelah matang baru dikeluarkan.

Namun, ada keajadian lain, seperti folikel tidak melepaskan sel telur. Jika ini terjadi folikel bisa membengkak dan bertambah besar karena banyak cairan didalamnya.

Folikel yang membesar inilah yang akhirnya menjadi kista ovarium. Namun, jenis kista ini tidak berbahaya karena dapat hilang dengan sendiri dalam beberapa minggu.

Kista Luteal

Kista luteal jarang terjadi. Terbentuk karena kista folikel yang sudah dijelaskan diatas berhasil mengeluarkan sel telur yang disebut korpus luteum.

Secara normal jenis kista ini akan menyusut dan mengecil dengan sendirinya. Namun, hal lain bisa terjadi yaitu kista terisi darah akibatnya ukurannya menjadi membesar dan terjadilah kista ovarium tipe luteal.

Jenis kista luteal bisa hilang dalam beberapa bulan namun bisa saja pecah dan mengakibatkan pendarahan internal dan nyeri mendadak.

Penyebab Kista Patologis

Penyebab kista patologis berbeda lagi dengan penyebab kista fungsional. Hal ini tergantung pada jenis kista masing-masing. Kista patologis terdiri dari berbagai jenis kista yaitu dermoid, kistadenoma dan endometrium.

Kista dermoid adalah jenis yang paling umum dari golongan kista patologis pada usia dibawah 30 tahun. Setelah usia 40 tahun, tumor ovarium yang disebut kistadenoma yang lebih sering terjadi.

Dermoid

Kista dermoid disebut juga sebagai kista teratoma kistik matang. Jenis kista ini dapat berisi jaringan seperti rambut, kulit atau gigi karena mereka terbentu dari sel-sel yang membuat telur. Cara mengatasi kista ovarium jenis ini biasanya dengan cara operasi.

Kistadenoma

Kista jenis ini berkembang dari berbagai jaringan luar yang menutupi ovarium. Ada beberapa jenisnya. Ada yang terisi oleh cairan cair ada juga cairan kental.

Kistadenoma bisa tumbuh pada tungkai daripada tumbuh pada bagian dalam dari ovarium itu sendiri. Sehingga bisa saja berkembang menjadi sangat besar. Namun, sifatnya jinak tidak ganas. Penanganannya bisa dengan jalan operasi.

Endometrioma

Kista jenis ini bisa berkembang sebagai akibat dari endometriosis, suatu kondisi di mana sel-sel endometrium rahim tumbuh di luar rahim. Sebagian sel rahim itu tumbuh pada ovarium dan membentuk kista.

Itulah penyebab-penyebab kista ovarium berdasarkan pada jenis kistanya masing-masing. Jika Anda ingin mengatasi kista ovarium secara alami bisa membaca artikel : cara mengatasi kista ovarium secara alami. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Bagikan informasi tentang Penyebab Kista Ovarium yang Perlu Anda Ketahui kepada teman atau kerabat Anda.

Penyebab Kista Ovarium yang Perlu Anda Ketahui | Toko Herbal Online Terpercaya Di Jamin 100% Asli

Belum ada komentar untuk Penyebab Kista Ovarium yang Perlu Anda Ketahui

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 20.000
Ready Stock / SMH
Rp 130.000
Ready Stock / CH
Rp 130.000
Ready Stock / AKR

Disclaimer

Artikel kesehatan, informasi produk, atau berita yang disajikan di toko herbal online ini hanyalah untuk keperluan informasi semata. Tidak dimaksudkan sebagai sebuah ketetapan, kenyataan, kebenaran dan sebuah kepastian yang mutlak atau sebagai pengganti pendapat ahli atau profesional.

SIDEBAR