Buka jam 08.00 s/d jam 18.00, Minggu & Hari Besar Tutup
Beranda » Artikel Terbaru » 15 Cara Menyembuhkan Kista Ovarium Dari Operasi Hingga Cara Alami

15 Cara Menyembuhkan Kista Ovarium Dari Operasi Hingga Cara Alami

Diposting pada 24 April 2017 oleh admin | Dilihat: 153 kali

Ini dia cara menyembuhkan kista ovarium pada wanita lengkap mulai dari operasi hingga obat tradisional (herbal) secara alami dan cepat tanpa harus operasi.

Baik pada ovarium kanan atau kiri. Berlaku juga untuk kista jinak maupun ganas.

Anda bisa memilih salah satu cara yang menurut Anda bisa Anda lakukan dengan memperhatikan faktor keamanan, faktor biaya dan seberapa parah kista yang mungkin saja Anda atau keluarga Anda sedang mengalaminya.

Jika kista ovarium sudah cukup besar, mungkin Anda memerlukan operasi pengangkatan kista.

Sebaliknya, jika masih kecil atau masih dianggap tidak berbahaya oleh dokter mungkin Anda hanya memerlukan bahan alami saja.

Semua sudah dijelaskan dibawah ini secara lengkap.

Namun, sebelum mengulas lebih jauh mengenai cara menyembuhkan kista ovarium pada wanita ini, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu mengenai pengertian, gejala dan penyebab kista ovarium agar bisa mengenalnya lebih baik.

Pengertian Kista Ovarium

Kista ovarium adalah benjolan yang membesar seperti balon yang berisi cairan yang tumbuh pada ovarium (indung telur).

Ada banyak jenis kista seperti kista ovarium, kista bartholin atau kista ganglion namun yang kita bahas disini hanya kista yang tumbuh pada ovarium.

gambar kista ovarium

Gambar Kista Ovarium

Kista ovarium termasuk jenis penyakit yang tidak menimbulkan gejala sehingga disebut “silent killer” yaitu penyakit yang membunuh secara diam-diam.

Kista hanya akan menimbulkan gejala pada saat kista sudah membesar, pecah atau terplintir.

Jenis-jenis kista ovarium ada dua macam yang utama yaitu kista ovarium fungsional (kista normal) dan kista ovarium patologis (kista abnormal).

Keduanya bisa menyerang wanita namun yang paling banyak tingkat kejadiannya adalah kista fungsional.

Penyebab Kista Ovarium Pada Wanita

Sebenarnya penyebab kista ovarium tidak diketahui dengan pasti. Meskipun begitu beberapa faktor dibawah ini diduga bisa menjadi penyebabnya.

  • Adanya gangguan pembentukan hormon
  • faktor keturunan dimana ibu atau saudara kandung sebelumnya pernah menderita kista
  • Memiliki riwayat kanker payudara dan menjalani pengobatan kemoterapi (tamoxifen)
  • Menstruasi pertama terlalu muda, misalnya pada usia 11 tahun atau kurang.
  • Gangguan hidup yang kurang sehat
  • Haid yang tidak lancar
  • dan mungkin masih ada beberapa penyebab lainnya yang belum diketahui.

Ini Dia 15 Cara Menyembuhkan Kista Ovarium

cara menyembuhkan kista ovarium

Sebelum melakukan pengobatan kista ovarium tentu Anda harus melakukan pemeriksaan dulu ke dokter. Ya, namanya diagnosis.

Kalau sudah terdiagnosis menderita kista ovarium maka dokter akan menyarankan penanganan terbaik untuk Anda. Penanganan untuk kista fungsional akan berbeda dengan kista fisiologis.

Adapun cara-cara mengatasi kista ovarium baik secara medis (lihat no. 1 hingga no. 3) atau menggunakan cara alami atau ramuan tradisional (4-15) adalah sebagai berikut.

1. Pemantauan Rutin (Observasi/pengamatan)

Jika Anda terdiagnosa menderita kista fungsional yaitu kista yang tidak menimbulkan gejala dan bisa hilang dengan sendirinya maka dokter hanya melakukan pemantauan rutin saja.

Kista jenis ini tidak memerlukan penanganan khusus karena bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Untuk memastikan, Anda dapat menjalani pemeriksaan USG terlebih dulu.


2. Menangani Kista Ovarium dengan Prosedur Operasi

Jika Anda menderita kista ovarium yang ganas atau jenis kista fisiologis yang terus berkembang menjadi lebih besar maka dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk melakukan operasi.

Pembedahan atau operasi dilakukan untuk mengangkat kista keluar dari ovarium.

Operasi pengangkatan kista berukuran kecil bisa di lakukan dengan operasi laparoslopi (operasi lubang kunci).

Sedangkan untuk kista yang besar atau yang diperkirakan mengandung sel abnormal, operasi dengan sayatan lebih besar harus dilakukan yang dinamakan juga dengan laparotomi.

Sayangnya, hampir semua operasi memiliki risiko termasuk untuk kista ovarium.

Jika setelah operasi terjadi komplikasi maka pasien perlu menemui dokter. Mungkin telah terjadi infeksi setelah operasi. Disinilah Anda harus berhati-hati.

Ada dua jenis operasi yang sering dilakukan secara medis untuk menghilangkan kista yaitu:

1. Laparoskopi

pengobatan kista dengan operasi laparoskopi

Salah satu cara menyembuhkan kista ovarium adalah dengan teknik operasi bedah untuk penyakit kista namanya adalah laparoskopi.

Operasi jenis ini khusus untuk kista yang ukurannya kecil.

Caranya adalah dengan menggunakan sayatan kecil untuk memasukkan suatu alat berbentuk seperti selang dengan kamera dan pisau bedah diujungnya.

Melalui alat ini, dokter bedah dapat melihat organ-organ internal di monitor. Setelah tepat sasarannya, kista akan di potong dan diangkat.

Pada operasi ini, dokter bisa saja hanya mengadakan pemeriksaan pertama sehingga kista yang diambil hanya sebagian saja.

Kemudian diperiksa di bawah mikroskop untuk menentukan jenis kistanya dan kemudian dilakukan tindakan selanjutnya.

Jenis operasi kista seperti ini lebih disukai karena prosesnya lebih cepat, rasa sakit yang dapat diminimalkan dan penyembuhannya pun lebih cepat.

2. Laparotomi

Jika jenis kista ovarium yang timbul adalah kista patologis dan termasuk tumor atau berisiko menjadi kanker maka dokter akan menyarankan operasi laparotomi.
Pada jenis operasi kista ini diperlukan sayatan perut yang lebih besar daripada operasi laparoskopi.
Operasi ini dilakukan dengan mengambil seluruh kista pada ovarium. Kemudian kista dikirim ke laboratorium untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.
Sehingga dapat ditentukan apakah jenis kista ini bersifat kanker atau tidak. Pada operasi ini tentu saja Anda harus tinggal bermalam di rumah sakit untuk beberapa hari.
Biaya yang diperlukan pada operasi ini biasanya tidak sedikit.

3. Komsumsi Pil KB

Selain operasi, dokter juga mungkin meresepkan pil KB (kontrasepsi oral) untuk mengurangi risiko munculnya kista baru yang berkembang selama siklus menstruasi, khususnya kista fungsional.

Biasanya, semakin lama kontrasepsi oral di konsumsi, maka resiko timbulnya kista baru akan semakin berkurang.


4. Meminum Ramuan Kunyit Putih

kunyit putih untuk kista ovariumCara alami menghilangkan kista tanpa operasi ternyata bisa menggunakan kunyit putih.

Tanaman obat yang juga disebut curcuma mangga ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk kista ovarium.

Khasiat kunyit putih yang utama adalah sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang lebih kuat dibanding dengan hidrokortison.

Bahan yang perlu disiapkan

  • Kunyit putih yang sudah dikeringkan 10 gram
  • Tapak liman kering 10 gram
  • Pegagan kering 10 gram
  • 30 gram cakar ayam segar
  • Air secukupnya

Cara Pembuatan

Adapun cara membuatnya adalah dengan mencampur kunyit kering dengan temu putih, tapak liman kering dan pegagan kering dan tambahkan 30 gram cakar ayam segar direbus dengan 1 liter air, sisakan setengahnya kemudian angkat setelah dingin lalu saring. Minumlah ramuan alami ini 3 kali sehari.

Ramuan tradisional dari kunyit putih sudah siap Anda minum. Cara ini merupakan cara alami yang aman tanpa efek samping.


5. Meminum Obat Dari Teripang

teripang untuk kista ovariumTidak hanya dari tanaman atau tumbuhan, obat kista ovarium juga bisa menggunakan gamat atau teripang yang hidup di dasar laut.

Teripang termasuk bahan alami dari hewani yang boleh dimakan atau dijadikan obat.

Ada banyak sekali jenis teripang yang bisa di gunakan untuk obat herbal. Setidaknya ada 40 jenis teripang yang bisa di manfaatkan.

Jenis yang paling sering digunakan adalah spesies Stichopus hermanii.

Facultad de Quimica oleh Jaime Rodriguez telah melakukan pengujian senyawa ilmiah pada teripang untuk mengobati kista ovarium.

Dalam penelitian itu ada sekitar 5 senyawa yang mampu mengobati kista ovarium.

Obat herbal dari teripang yang siap minum (obat jadi) sudah tersedia di pasaran sehingga Anda tidak perlu lagi mengolah ramuan tersebut.


6. Minum Ramuan Dari Mahkota Dewa

Cara Menyembuhkan Kista Ovarium secara alamiMahkota dewa adalah tanaman lainnya yang bisa di gunakan untuk mengatasi kista ovarium secara tradisional atau alamiah.

Didalam mahkota dewa ada kandungan zat aktif yang berupa alkoid, polifenol, saponim yang mempunyai peranan antibakteri dan meningkatkan kekebalan dan vitalitas.

Selain itu, juga mengandung adanya flavonoid yang bersifat antiradang yang dapat mengurangi sakit pada pembekakan.

Tambahan lagi bahwa mahkota dewa diduga mampu mengobati kista tanpa operasi secara alami.

Adapun cara membuat ramuan dari mahkota dewa adalah dengan mencampurkan 50 gram mahkota dewa kering dengan 5 gram kunyit putih dan rebus dengan 800 cc.

…Biarkan ramuan ini mendidih hingga airnya tersisa setengahnya saja. Ramuan ini di minum secara teratur setiap 2 kali sehari secara teratur.


7. Mengkonsumsi Ramuan Dari Benalu Teh

Cara menyembuhkan kista ovarium secara alami lainnya bisa menggunakan ramuan benalu teh. Pada pohon teh biasanya ada benalu yang kemudian disebut sebagai benalu teh.

Tanaman ini mengandung flavonoid, chalcones, flavanones, c-glycoflavonols dan flavan3-ols berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penggumpalan darah, anti alergi dan anti kanker. Belakangan benalu teh mampu mengobati kista ovarium secara alami.

Adapun cara membuat ramuan dari benalu teh adalah dengan menyiapkan 60 gram benalu teh kemduian dicampur dengan rumput mutiara dan direbus dengan 800cc air kemudian saring masing-masing 200 cc. Minumlah secara teratur 2 kali sehari hingga sembuh.


8. Meminum Rumput Mutiara

Selain benalu teh, Anda juga bisa mengobati kista dengan rumput mutiara. Apa itu rumput mutiara? Merupakan tanaman perdu yang liar yang memiliki banyak manfaat.

Adapun manfaatya antara lain untuk kista ovarium dan radang panggul.

Untuk mendapaktan khasiat rumput mutiara, Anda harus membuat ramuan alaminya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mencampurkan 30 gram rumput mutiara dengan 5 gram daging buah mahkota dewa kering kemudian rebus dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya saja. Kemudian diminum 2 kali sehari secara rutin.


9. Minum Cuka Sari Apel

Cara Menyembuhkan Kista Ovarium secara alami2Minum cuka sari apel juga mampu mengatasi kista ovarium khususnya yang ukurannya masih kecil.

Cuka sari apel mengandung kalium yang sangat baik untuk mengecilkan ukuran kista dan menghancurkannya secara alami tanpa efek samping.

Adapun cara menyembuhkan kista ovarium dengan cuka sari apel adalah sebagai berikut.

  • Siapkan air hangat dalam gelas
  • Tambahkan cuka apel pada gelas yang sudah berisi air hangat tadi
  • Aduklah sampai kedua bahan tadi rata dan cuka apelnya larut pada air hangat.
  • Minum ramuan ini 2 kali sehari hingga sembuh

Itulah ramuan cuka sari apel yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kista ovarium.

Perlu diperhatikan bahwa Anda tidak boleh meminum cuka apel ini saat menstruasi karena bisa menyebabkan pendarahan berat, kram perut parah dan rasa sakit akibat menstruasi yang berlebihan.


10. Ramuan Jus Buah Bit

cara mengobati kista ovarium secara alamiSelain beberapa tanaman atau buah yang sudah disebutkan, Anda juga bisa menggunakan jus buah bit untuk mengobati kista ovarium.

Buah bit adalah buat yang berwarna merah dan menyegarkan. Meskipun dari segi rasa buah ini tidak begitu lezat namun khasiatnya banyak sekali.

Buah bit mengandung senyawa betasianin yang bisa membantu hati untuk membersihkan racun.

Termasuk mampu menyembuhkan kista. Buah ini juga bersifat asam sehingga mampu mengecilkan ukuran kista dan menghancurkannya secara alami.

Adapun cara menyembuhkan kista ovarium secara alami dengan buah bit adalah sebagai berikut.

  • Pertama-tama siapkan dulu buah bit yang segar, buah stroberi, jambu merah dan wortel.
  • Hancurkan semua buah tadi dengan blender pembuat jus.
  • Jika sudah hancur atau sudah berbentuk jus maka Anda bisa meminumnya setiap pagi saat perlu kosong yaitu 1-2 jam sebelum makan pagi.

Itulah cara mengatasi kista ovarium secara tradisional dengan buah bit dan buah-buahan lainnya. Yang perlu diperhatikan, Anda tidak perlu menambahkan gula karena jambu merah sudah manis secara alami.


11. Ramuan Obat Herbal Dari Gambir Dan Manjakani

cara mengobati kista ovarium secara alami2Kombinasi manjakani dan gambir bisa di gunakan untuk menyembuhkan kista ovarium secara alami dan cepat.

Kedua tanaman obat ini sudah terbukti mampu mengatasi kista tanpa operasi.

Manjakani atau majakani adalah buah yang dikenal sejak lama mampu mengobati kista.

Buah ini mengandung senyawa yang mampu mengatasi masalah-masalah wanita seperti kista ovarium, haid yang tidak lancar, gatal-gatal pada organ vagina dan banyak lagi.

Begitu juga dengan gambir. Kombinasinya dengan manjakani menjadikan kedua bahan alami ini mampu bertindak sebagai obat kista ovarium terbaik.

Cara penyembuhan kista secara alami dengan gambir dan manjakani bisa Anda dapatkan dengan mencari obat herbal yang dijual dipasaran. Biasanya dalam bentuk pil siap minum.


12. Makan Kacang Almond

cara mengobati kista ovarium tanpa operasiKacang almond termasuk makanan sehat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, kacang ini juga mampu mengobati berbagai macam penyakit termasuk kista ovarium.

Kacang almond mengandung magnesium yang tinggi sehingga bisa mengatasi rasa sakit saat menstruasi, mengecilkan ukuran kista dan menghilangkan kista secara alami.

Cara menyembuhkan kista ovarium secara alami dengan kacang almond bisa Anda lakukan dengan memakan beberapa butir almond setiap hari, minum susu almond tanpa tambahan gula atau menggunakan minyak almond untuk mengompres bagian perut Anda.


13. Meminum Ramuan Dari Jahe

Ramuan dari jahe juga bisa di gunakan untuk mengatasi kista secara alami. Di banding dengan bahan alami diatas tentu saja jahe lebih familiar dan mudah didapat.

Jahe mengandung beberapa senyawa yang bisa digunakan untuk mengatasi kista.

Adapun kandungan jahe adalah senyawa antiinflamasi seperti gingerol. Efeknya adalah untuk mengurangi rasa sakit akibat kista ovarium dan mencegah peradangan berlebihan dalam tubuh serta mengecilkan kista itu sendiri.

Adapun cara menyembuhkan kista ovarium dengan ramuan alami dari jahe adalah sebagai berikut.

  • Siapkan beberapa ruas jahe, kupas dan bersihkan
  • Rebus dengan air dan campur dengan seledri atau apel sampai mendidih
  • Setelah itu, minum ramuan ini setiap pagi sebelum makan untuk mengatasi kista.

14. Konsumsi Flaxseed

Apa itu flaxseed? Mungkin Anda belum pernah mendengarnya. Maklum karena belum familiar di Indonesia. Flaxseed adalah jenis biji dari tanaman bunga flax yang berbentuk seperti biji wijen. Biji ini membantu membantu hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjadi seimbang.

Kemudian efek dari keseimbangan hormon diharapkan bisa mengurangi ukuran kista lalu membuat kista larut dan sembuh.

Adapun cara menyembuhkan kista ovarium dengan flaxseed adalah dengan melarutkan flaxseed dalam air hangat. Kemudian minum sebelum makan pagi.

Jika Anda kurang suka dengan tekstur dan rasa flaxseed maka konsumsi flaxseed dengan salad atau sup buah. Biasanya ramuan alami ini digunakan untuk mengatasi kista yang masih kecil.


15. Minum Teh Chamomile

Meminum teh chamomile adalah salah satu cara menyembuhkan kista ovarium. Meskipun teh chamomile tidak begitu dikenal di Indonesia.

…Namun, Anda tetap bisa mencoba mencari teh ini untuk mengobati kista. Teh ini mengandung efek yang menenangkan dan mengurangi rasa sakit akibat kista.

Selain itu, teh chamomile juga bisa digunakan untuk mengatasi haid tidak teratur karena teh ini akan bekerja khusus untuk merangsang darah bagian panggul dan rahim sehingga tubuh Anda menjadi lebih nyaman.

Adapun cara membuat ramuan kista ovarium adalah sebagai berikut.

  • Seperti halnya membuat teh, Anda bisa melarutkan teh chamomile ke dalam air panas sebanyak satu gelas.
  • Tambahkan madu asli kemudian tutup selama 5 menit agar teh larut.
  • Setelah itu, aduk teh chamomile kemudian saring hingga menyisakan teh yang bersih.
  • Minum selagi hangat setiap hari untuk menghilangkan kista ovarium yang masih kecil.

Demikialah artikel cara menyembuhkan kista ovarium yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga Anda mendapatkan banyak manfaat dari artikel ini.

15 Cara Menyembuhkan Kista Ovarium Dari Operasi Hingga Cara Alami | Jual Produk HNI HPAI Di Jamin 100% Asli

1 komentar untuk 15 Cara Menyembuhkan Kista Ovarium Dari Operasi Hingga Cara Alami

  • Aida berkata:

    Nama saya aida, saya 1 bulan lalu habis operasi kista ovarium dan kista sudah msuk laboratorium dan kista nya tidak ganas, pantangan nya apa sih yang tidak boleh dimakan, kalau minum susu jahe boleh tidak?

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Klik Disini Untuk Order Via SMS/WA
Sabun Herbal Kolagen

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sabun Herbal Kolagen HPAI Rp 25.000
Ready Stock / SHK
Rp 25.000
Ready Stock / SHK
Klik Disini Untuk Order Via SMS/WA
Gamat Kapsul

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

kapsul gamat hpai Rp 130.000
Ready Stock / 100/40
Rp 130.000
Ready Stock / 100/40
Klik Disini Untuk Order Via SMS/WA
Andrographis Centella

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

andrographis centella hpai Rp 75.000
Ready Stock / ACH
Rp 75.000
Ready Stock / ACH
SIDEBAR

Disclaimer

Artikel kesehatan atau berita yang disajikan di toko herbal online produk HNI HPAI ini hanyalah untuk keperluan informasi semata. Tidak dimaksudkan sebagai sebuah ketetapan atau sebuah kepastian yang mutlak.

Kami menyajikan informasi berdasarkan keilmuan dan data empiris dan di tulis oleh ahlinya namun bukan sebuah jaminan akan keberhasilannya. Manusia hanya berikhtiar, kesembuhan ada di tangan Allah SWT semata.