Buka jam 08.00 s/d jam 18.00, Minggu & Hari Besar Tutup
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Penyakit Diabetes Melitus Atau Kencing Manis

Mengenal Penyakit Diabetes Melitus Atau Kencing Manis

Diposting pada 15 Maret 2016 oleh admin | Dilihat: 15 kali
Mengenal Penyakit Diabetes Melitus Atau Kencing Manis

Mengenal Penyakit Diabetes Melitus Atau Kencing Manis

Mengenal Penyakit Diabetes Melitus Atau Kencing Manis

Penyakit diabetes melitus atau kencing manis atau bisa juga disebut sebagai penyakit gula adalah penyakit kronis yang kerap kali menghinggapi masyarakat Indonesia. Penyakit ini sering terjadi pada usia tua namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada usia muda.

Diabetes Melitus atau dalam masyarakat disebut juga dengan penyakit kencing manis adalah penyakit kronis yang ditandai dengan adanya peningkatan kadar gula darah dalam tubuh yang disertai dengan berbagai komplikasi yang terjadi karena kelainan metabolik akibat gangguan hormonal.

Pengertian penyakit diabetes melitus lainnya adalah suatu penyakit atau gangguan metabolisme yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin. Insufisiensi insulin dapat disebabkan oleh gangguan atau defenisi produksi insulin oleh sel-sel beta Langerhans kelenjar pankreas atau disebabkan kurang responsifnya sel-sel tubuh terhadap insulin.

Angka kejadian penyakit diabetes melitus sangat tinggi didunia. Pada tahun 2012, dikatakan prevalensi angka kejadian diabetes melitus didunia adalah sebanyak 371 juta jiwa dimana proporsi kejadian diabetes melitus tipe 2 adalah 95% dari populasi dunia yang menderita diabetes melitus dan hanya 5% dari jumlah tersebut menderita diabetes mellitus tipe 1. Indonesia menempati urutan ke4 terbesar dengan 8,426 juta orang dan diperkirakan akan menjadi sekitar 21,257 juta pada tahun 2030 menurut WHO tahun 2013.

Mengenal penyakit diabetes melitus atau kencing manis akan membuat kita lebih waspada akan penyakit ini sehingga pencegahan-pencegahan dapat dilakukan sedini mungkin. Sayangnya, dimasyarakat penyakit ini cukup dianggap remeh. Hal ini mungkin kurang adanya kesadaran diri masing-masing untuk mencegah penyakit ini serta kurang adanya penyuluhan dari pemerintah terkait pengenalan dan pencegahan diabetes melitus sejak dini.

Gejala Penyakit Diabetes Melitus

Gejala penyakit diabetes melitus biasanya tidak menunjukkan adanya gejala awal. Penderita seringkali tidak menyadari saat gula darahnya tinggi. Gejala hanya disadari setelah adanya komplikasi-komplikasi dari penyakit tersebut.

Gejala yang sering muncul adalah adanya rasa haus yang berlebihan, sering kencing terutama malam hari dan berat badan turun dengan cepat. Di samping itu kadang-kadang ada keluhan lemah, kesemutan pada jari tangan dan kaki, cepat lapar, gatal-gatal, penglihatan kabur, gairah seks menurun, dan luka sukar sembuh.

Beberapa faktor yang dapat menunjang timbulnya diabetes melitus yaitu faktor keturunan dan obesitas. Sedangkan gejala yang paling sering terjadi adalah polidipsia, poliuria, dan polipfagia. Gejala-gejala ini perlu mendapat tanggapan di dalam penyusunan diet penderita kencing manis.

Kadang-kadang ada pasien yang tidak merasakan adanya keluhan diabetes melitus. Mereka hanya mengetahui adanya diabetes pada saat check up. Hanya saja agak sulit mendorong mereka untuk bersedia melakukan check up secara rutin karena mereka menganggap diri mereka sehat-sehat saja.

Oleh karena itu dalam rangka penyuluhan kepada pasien seperti ini, kita sering mendapat hambatan karena sulit memotivasi. Memang saat ini tidak ada keluhan tetapi mereka harus menyadari bahwa kadar glukosa darah yang selalu tinggi dalam jangka panjang akan menimbulkan apa yang disebut komplikasi jangka panjang akibat keracunan glukosa. Pasien harus berhati-hati akan adanya komplikasi diabetes melitus seperti terkena komplikasi pada mata hingga buta atau komplikasi lain seperti kaki busuk (gangren), komplikasi pada ginjal dan lain-lain.

Baca Juga Artikel Terkait Dengan “mengenal penyakit diabetes melitus atau kencing manis” :

Demikianlah pembahasan kita mengenai artikel diabetes melitus ini, baik dari segi pengertian maupun gejala penyakit diabetes. Diharapkan bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi Anda. Akhir kata terimakasih sudah membaca artikel yang berujdul mengenal penyakit diabetes melitus atau kencing manis ini.

Mengenal Penyakit Diabetes Melitus Atau Kencing Manis | Jual Produk HNI HPAI Di Jamin 100% Asli

Belum ada komentar untuk Mengenal Penyakit Diabetes Melitus Atau Kencing Manis

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Klik Disini Untuk Order Via SMS/WA
Harumi

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

harumi hpai Rp 75.000
Ready Stock / HRH
Rp 75.000
Ready Stock / HRH
Klik Disini Untuk Order Via SMS/WA
Sabun Propolis

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

sabun propolis hpai Rp 20.000
Ready Stock / SPH
Rp 20.000
Ready Stock / SPH
Klik Disini Untuk Order Via SMS/WA
Spirulina

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

spirulina hpai Rp 90.000
Ready Stock / SLINA
Rp 90.000
Ready Stock / SLINA

Disclaimer

Artikel kesehatan atau berita yang disajikan di toko herbal online produk HNI HPAI ini hanyalah untuk keperluan informasi semata. Tidak dimaksudkan sebagai sebuah ketetapan atau sebuah kepastian yang mutlak.

Kami menyajikan informasi berdasarkan keilmuan dan data empiris dan di tulis oleh ahlinya namun bukan sebuah jaminan akan keberhasilannya. Manusia hanya berikhtiar, kesembuhan ada di tangan Allah SWT semata.

SIDEBAR